Selamat Tahun Baru 2021

 

Untuk para pembaca,

Kalimat pertama yang ingin saya sampaikan adalah: "Makin cepat saja waktu berlalu."

Tentu kita tidak ingin menyesali apa yang sudah terjadi sepanjang 2020. Tahun yang kata banyak orang, "it's getting worst enough". Merujuk kepada pandemi Covid-19 yang hampir setahun kita jalani dengan serba terbatas. Meski ada harapan dan kabar baik bahwa vaksin telah ditemukan dan akan segera dilakukan vaksinasi mulai 2021. Vaksin memang diharapkan sebagai game changer terhadap pandemi yang berdampak ke banyak sektor, terutama sektor ekonomi. Di semua negara.

Optimisme, sebagai bagian dari sikap berprasangka baik, memang sebaiknya dan seharusnya kita sertakan dalam menjalani kehidupan. Namun, realistis juga perlu kita ikutkan sebagai bagian dari proses kita untuk memahami hidup. Karena memahami hidup bukan sekadar menjalaninya saja, namun juga mempertimbangkan dampaknya ke masa berikutnya. Atau bahkan kehidupan selanjutnya.

Ribut-ribut itu juga bagian dari cerita kehidupan. Dimana suka dan duka hanyalah wajah yang harus Anda terima secara legowo. 

Bersyukur harus terus kita utamakan. Ini pesan sederhana namun universal. Entah kenapa, syukur seperti menjadi sebuah kebaikan yang diajarkan oleh semua.

Orang beragama mengajarkan untuk bersyukur.
Orang berpendidikan memberikan contoh untuk selalu bersyukur.
Orang sukses selalu berpesan agar selalu bersyukur.

Pun juga orang tidak beragama, tidak berpendidikan, ataupun orang-orang yang gagal.

Maka, pesan syukur menjadi bagian yang perlu saya tulis disini untuk menjadi pengingat bagi saya pribadi dan siapa saja yang membaca ini dan mau menerimanya sebagai sebuah sikap baik.

Tulisan ini sepenuhnya hanyalah basa-basi.
Basa-basi untuk sekadar menyampaikan sedikit sudut pandang saya bahwa syukur adalah hal yang bisa membuat kita tetap menjadi diri kita sendiri.

Maka saya rasa perlu untuk menyampaikan rasa syukur untuk semuanya. Baik yang pernah kenal dengan saya, yang masih kenal saya, yang sudah tidak kenal saya, maupun yang belum dan tidak kenal saya. Baik yang pernah membantu saya secara langsung, membantu saya secara tidak langsung, membantu saya dalam doa dan/atau ingatan, juga kepada mereka yang tidak merasa telah membantu saya. Semoga di 2021 nanti, atau kapan pun, cita-cita dan niat baik saudara/i sekalin terwujud dan mendapat Ridho dari Tuhan YME. Aamin YRA.

Salam.


0 comments:

Post a Comment

+